5 Kerugian Pakai Cicilan Tanpa Kartu Kredit Kalau Nggak Waspada

Hari gini, siapa sih yang nggak kenal layanan cicilan tanpa kartu kredit kayak Kredivo? Belanja di e-commerce kayak Blibli, Tokopedia, Shopee, dan yang lainnya jadi makin mudah dengan adanya cicilan online. Bukan cuma cicilan tenor dengan bunga, tapi bisa juga pay later 30 hari tanpa dikenakan bunga sama sekali. 

Kredivo adalah salah satu fintech yang bermitra dengan daftar e-commerce tersebut sebagai metode pembayaran cicilan. Jadi, kalau kamu jadi pengguna Kredivo, kamu bisa banget tuh belanja dan ambil cicilan dengan bunga 0% buat tenor 3 bulan atapun cicilan 6 sampai 12 bulan dengan bunga 2,6% aja. Nggak perlu DP.

Sekilas, kelebihan-kelebihan tersebut sangat menggiurkan dan bikin pengen daftar akun cicilan online tanpa kartu kredit ya? Eits, tapi, di balik kemudahannya, ada juga hal-hal yang harus kamu perhatikan dan waspadai. Tujuannya, agar penggunaan layanan cicilan online tanpa kartu kredit nggak malah jadi merugikan. 

Apa aja hal-hal tersebut? Yuk kita ulas satu per satu. 

Rentan terjadi peretasan atau pembajakan akun

Rata-rata layanan cicilan tanpa kartu kredit, menggunakan aplikasi sebagai platformnya. Dengan kata lain, kamu harus daftar dulu akun di aplikasi fintechnya, baru bisa belanja atau menggunakannya sebagai metode pembayaran cicilan di berbagai merchant. Nah, karena berbasis digital inilah, ada keuntungan dan kerugian yang berpotensi terjadi. 

Di mana, dengan aplikasi berbasis digital, kamu nggak perlu bayar biaya-biaya tambahan seperti halnya yang ada di kartu kredit. Selain itu, penggunaannya juga lebih mudah lewat smartphone. 

Tapi di sisi lain, kerugian dari aplikasi digital juga bisa terjadi jika kamu tidak hati-hati dalam menggunakan akun dan aplikasinya. Misalnya, numpang login di smartphone orang lain, memberikan informasi akun pada pihak lain, dan sejenisnya, yang bisa berujung pada terjadinya peretasan atau bahkan pembajakan akun. Bukan hanya karena keteledoran pengguna sendiri, peretasan atau pembajakan akun juga bisa terjadi jika fintech terkait tidak memiliki sistem keamanan yang mumpuni. 

Skor kredit menurun karena riwayat kredit buruk atau banyak ambil cicilan tanpa kartu kredit

Sama dengan lembaga kredit lainnya, setiap transaksi cicilan yang kamu lakukan dengan fintech legal, pasti akan tercatat sebagai histori kreditmu dan SLIK. Penggunaan layanan cicilan yang masif, justru bisa berdampak pada menurunnya skor kredit, lho. 

Misalnya, kamu ambil 2 cicilan barang yang berbeda dalam waktu bersamaan. Idealnya, pengambilan cicilan berikutnya baru bisa dilakukan jika cicilan yang lain sudah berjalan beberapa waktu atau bahkan lunas. Ini juga akan membantu keuangan kamu bisa “bernapas”.

Banyaknya transaksi kredit yang dilakukan juga berpotensi membuat kamu terlambat bayar. Otomatis, ini akan memperburuk catatan kreditmu sendiri. 

Rentan boros kalau tidak bisa mengontrol hawa nafsu

Nggak dapat dipungkiri, kemudahan dan aneka promosi yang ditawarkan layanan cicilan online tanpa kartu kredit seperti Kredivo bisa mendorong kita untuk terus impulsif berbelanja. Tentu, ini bukan hal yang baik bagi keuangan. 

Hal yang satu ini hanya bisa dikontrol oleh diri kita sendiri. Sebanyak apa pun promo di luar sana untuk cicilan, kalau kita bisa mengontrol hawa nafsu dan membedakan mana kebutuhan dan keinginan, penggunaan cicilan ini akan bisa lebih bermanfaat. Misalnya, hanya untuk beli hal-hal yang mendukung pekerjaan seperti meja kursi untuk WFH, laptop, dan sejenisnya. 

Cicilan yang bengkak karena sering terlambat bayar

Seperti lembaga keuangan pada umumnya, denda keterlambatan juga diterapkan oleh fintech cicilan online bagi pengguna yang terlambat melakukan pembayaran. Bedanya, pada cicilan online, biasanya bunga atau biaya dendanya akan lebih tinggi dibanding dengan cicilan pakai kartu kredit. Ini bisa terjadi karena cicilan online memiliki syarat yang lebih mudah dalam pendaftaran maupun pengajuannya. Jadi, risikonya lebih tinggi dibanding kartu kredit yang menjalankan proses survei pada pendaftarnya. 

Makin lama waktu keterlambatan, akan makin besar dendanya. Maka dari itu, usahakan untuk tidak mengambil cicilan banyak-banyak dan selalu bayar tepat waktu, ya. 

Tidak teliti ketika dihubungi atau menghubungi Tim CS

Penipuan bisa saja terjadi jika kita tidak teliti saat menghubungi Tim CS fintech cicilan terkait atau bahkan ketika “dihubungi” pihak yang mengaku Tim CS. Banyak oknum penipu di media sosial yang membuat akun mirip-mirip dengan fintech resminya, untuk mendekati dan mengorek informasi dari pelanggan. Dengan data-data tersebut, oknum tersebut akan punya senjata yang cukup untuk meretas atau mengambil alih akunmu. 

Jika kamu tertarik menggunakan layanan cicilan tanpa kartu kredit seperti Kredivo dan perlu berurusan dengan Tim CS, pastikan betul-betul bahwa kamu menghubungi kontak resmi ya. Jangan sampai salah nomor atau salah akun. Selain itu, jangan berikan data-data pribadimu seperti akses login, password, hingga OTP. Sebab, CS resmi biasanya tidak akan meminta data tersebut untuk membantu permasalahanmu.

Magista Obra – Tahu Lebih Banyak

Magista Obra – Tahu Lebih Banyak

Magista Obra adalah produk revolusioner dari merek sepatu boot terkemuka dunia Nike yang mendapat banyak pujian bahkan dari orang-orang yang tidak menggunakan sepatu bot sama sekali. Ini telah mengubah cara orang melihat sepatu bot dan mengguncang pasar sepatu bot di seluruh dunia. Sepatu bot ini ditandai sebagai boot pertama di dunia yang memiliki kaus kaki bawaan yang menunjukkan, jika Anda memakainya, Anda tidak memerlukan kaus kaki. Tentu saja jual jam rolex bekas di jakarta, ini adalah sebuah revolusi dan banyak yang telah menerimanya dan hanya sedikit yang akan menerima bahwa Magista Obra oleh Nike diperkenalkan untuk membuat sejarah di dunia sepatu bot. Selain mendapat apresiasi dari para pecinta sepatu boot, juga mendapat apresiasi dari masyarakat yang tidak menggunakan sepatu.

Satu-satunya USP Magista Obra adalah sistem kaus kaki bawaannya yang memukau semua orang. Pas seperti kaus kaki ini paling cocok dengan kaki Anda dan meningkatkan kenyamanan Anda. Kerah seperti potongan, sock fit tidak hanya membuat sepatu nyaman tetapi juga modis. Desain sepatu bot sangat imajinatif dan dibuat khusus dengan mempertimbangkan pendapat berbagai pemain top yang berarti dirancang untuk memacu kinerja para pemain. Desainnya meski terlihat berat, merupakan boot dengan bobot paling ringan yang pernah dirilis Nike.

Desain dengan gayanya yang unik menjadikan kenyamanan sebagai norma bagi pemakainya. Renovasi sepatu bola sebagai Magista Obra oleh Nike jelas merupakan ciri khas gaya yang tidak hanya menandai Anda sebagai gaya, tetapi juga meningkatkan performa Anda. Rajutan terbang yang menutupi seluruh sepatu termasuk sol atas dan samping membuatnya lebih halus, nyaman dan ringan. Nike juga merilis varietas Magista yang berbeda yang terdiri dari Magista Obra, Magista opus, Magista Orden, Magista Onda untuk tujuan dan kebutuhan pemain yang berbeda.

Sistem rajut terbang hanya tersedia di Magista Obra Nike dan varian lainnya yang membuatnya menonjol di antara yang lain di dunia sepatu bot. Ada banyak varian lain di bawah Magista yang telah diperkenalkan oleh Nike pasca-Magista Obra. Versi terbaru serupa tetapi memiliki sedikit tambahan nilai yang dimaksudkan untuk memberikan lebih banyak kenyamanan dan keamanan bagi para pemain.

Nike Magista Obra II FG adalah salah satu model yang dirilis baru-baru ini oleh Nike dalam berbagai warna. Itu juga menerima penghargaan yang sama dari dunia boot. Teknologi All Conditions Control (ACC) di dalamnya memastikan kontrol bola yang optimal dalam segala kondisi cuaca. Zona kaki depan membuatnya terlihat lebih gaya dan memberikan kenyamanan bagi pemain saat berbelok cepat. Menjaga semua kenyamanan dan tren yang diberikan oleh varian ini digunakan dan diusulkan oleh banyak pemain top di seluruh dunia.

Langkah Memadukan Jilbab Syari Dengan Busana Yang Tepat

main image

Memakai jilbab syari bukan berarti tidak dapat menggunakan berbagai macam busana untuk penampilan yang lebih menarik. Sering kali hal ini disalah artikan sebagian pengguna hijab sehingga memakai jilbab tersebut dengan padanan seadanya.

Padahal jika memadukan jilbab syari dengan paduan busana yang sesuai, tentu hasilnya akan terlihat lebih baik dan menarik. Lebih lanjut bagi yang tertarik melakukannya, simak beberapa langkah mudah yang bisa dilakukan berikut di bawah ini.

  • Memadukan Dengan Blus

Salah satu hal yang paling sering dilakukan yaitu memadukan jilbab tersebut dengan blus berbagai model. Baik blus yang berbahan halus maupun blus dengan bahan lainnya.

Tentu saja menggunakan hijab akan dipadukan dengan blus lengan panjang. Sebaiknya gunakan model hingga warna yang menarik supaya penampilan terlihat lebih baik juga.

  • Dipadukan Dengan Bahan Jeans

Bukan hal yang salah jika ingin memadukan jilbab syari dengan pakaian yang memiliki bahan dasar terbuat dari jeans. Sehingga hal ini merupakan salah satu alternatif yang dapat dipilih jika ingin bepergian menggunakan hijab namun ingin tampil gaya.

Padukan dengan bahan jeans yang nyaman dan ringan, misalnya saja memilih bahan soft jeans untuk hal tersebut. Sehingga dengan demikian meskipun mengenakan jilbab namun penampilan secara keseluruhan tetap menarik dan menawan namun tetap sopan.

  • Menggunakan Gamis

Salah satu cara memadukan jilbab syari dengan busana yang paling favorit yaitu dengan jalan memadukannya dengan berbagai macam gamis. Ada banyak macam model gamis yang ada, sebaiknya pilih yang memiliki model tipikal dengan model jilbab.

Dengan demikian maka jilbab akan terlihat cocok dengan gamis yang dikenakan. Sehingga dapat membuat penggunanya terlihat elegan.

  • Paduan Dengan Baju Kasual

Jilbab syari juga banyak dipadankan dengan baju kasual untuk busana sehari-hari. Bisa dengan bahan katun yang nyaman dan menyerap keringat hingga menggunakan bahan lainnya.

Maka dari itu padukan saja dengan warna senada atau model yang tipikal. Penampilan terlihat menarik namun menutup aurat dengan baik pula.

  • Memakai Batik

Banyak sekali yang memilih batik untuk busana sehari-hari baik secara kasual maupun untuk acara formal. Demikian juga saat mengenakan hijab juga banyak yang memilih untuk memadukan jilbab dengan kain batik.

Sebaiknya memakai hijab dengan batik cukup memadukan warna yang senada dengan warna dasar batik. Hindari menggunakan jilbab dengan corak namun sebaiknya pilih warna polos.

  • Dipadu Dengan Celana

Jilbab syari juga dapat dipadukan dengan celana, terutama paling tepat jika menggunakan celana panjang kain yang nyaman. Sehingga tampak terlihat tetap sopan namun di satu sisi juga memudahkan penggunanya untuk bergerak dengan lebih leluasa.

  • Digunakan Dengan Gaun Pesta

Memakai jilbab syari ternyata juga dapat dipakai bersama dengan gaun pesta. Sehingga penampilan tetap terlihat menawan meskipun menggunakan hijab.

Hal ini dengan jalan memilih bahan jilbab yang elegan dan dipadukan dengan busana dengan kain yang senada. Maka tampilan akan terlihat cantik saat menghadiri pesta penting.

Itulah beberapa cara untuk memadukan jilbab syari dengan berbagai macam busana yang sesuai dengan kebutuhan maupun keinginan. Sehingga meskipun mengenakan hijab namun tetap penampilan terjaga terlihat baik dan menawan.

Dengan demikian tentunya tidak perlu ragu lagi memadukan berbagai macam busana saat memakai berbagai macam jilbab syarii yang dimiliki. Tampilan tetap sopan, syari sesuai dengan keyakinan dan niatan, namun juga di sisi lain menarik serta tampak elegan.

Ini Dia Manfaat Menonton TV Bersama Yang Bisa Anda Coba di Rumah

TV Bersama - YouTube

Apakah Anda kerap melakukan rutinitas sederhana seperti menonton TV dengan orang terdekat? Bagi sebagian orang menonton televisi adalah kegiatan sehari-hari yang biasa saja. Namun, belum tentu. Ada pula yang menganggap aktivitas menonton TV bareng keluarga justru merupakan kegiatan yang bisa membuat Anda merasa lebih terikat dengan mereka.

Terutama di masa pandemic seperti ini. Televisi menjadi salah satu media hiburan untuk mengusir penat di rumah yang hampir dua tahun ini. Dengan menonton televisi Anda tidak perlu keluar rumah dan tidak mengeluarkan biaya apapun. Anda hanya perlu bersantai sambil menonton acara yang disukai atau melihat film jika berlangganan dengan Netflix. Aktivitas seperti ini tidak akan pernah bisa lepas dari keseharian kita.

Namun, apakah Anda tahu jika menonton TV bersama memiliki beberapa manfaat. Untuk lebih lanjut, Anda dapat menyimak ulasan berikut ini. Pertama, kegiatan ini barangkali akan sulit untuk dilakukan untuk mereka yang sudah disibukkan dengan dunia lain, misalnya pekerjaan. Sehingga quality time pada orang terdekat akan berkurang. Jika Anda salah satu yang sibuk, Anda bisa meluangkan waktu setidaknya seminggu sekali untuk menonton bersama dengan keluarga terdekat.

Kedua, rutinitas menonton bersama juga dapat mempererat hubungan antar sesama keluarga. Ditengah kesibukan yang padat baik itu bekerja, berumah tangga, maupun sekolah, waktu kita seringkali terkuras habis. Tidak hanya waktu melainkan juga energi dan mood karena sudah lelah dengan dunia di luar diri kita. Jika sudah seperti itu cobalah luangkan waktu dengan membuka percakapan dari hati ke hati ketika sedang berada di depan televisi.

Hal ini bisa membangun istana yang jauh lebih kau tantara sesama keluarga. Sehingga keterbukaan dan kejujuran pada satu sama lain akan terjalin dan semuanya merasa diperhatikan serta dihargai. Selain itu, pilihan menonton TV bersama juga merupakan opsi yang tepat untuk mengurangi stress. Anda bisa menonton acara menghibur untuk menghilangkan stress sementara waktu. Dijamin mood Anda akan kembali pulih lagi berangsur-angsur membaik.

Kemudian tidak hanya suasana hati yang lebih ceria, menonton TV bersamajuga akan membuat Anda dan keluarga up to date dengan apa yang terjadi dalam waktu dekat. Hal ini juga bisa membuat anak-anak Anda lebih kritis pada isu yang sedang terjadi di masyarakat saat ini. Berilah edukasi pada keluarga untuk melihat tontonan yang berguna dan mampu memantik nalar kritis pada anak-anak. Anda dapat melihat beberapa acara atau mungkin film yang biasa tayang di rctiplus.com. Cermati apakah siaran stasiun televisi tersebut memang memiliki kualitas yang baik kata tidak.