Beberapa Mukjizat Nabi Muhammad SAW Yang Diberikan Allah SWT

Kisah Mukjizat Nabi Muhammad Membelah Bulan Menjadi Dua : Okezone Muslim
source gambar : muslim.okezone.com

Nabi Muhammad SAW adalah nabi dan rasul yang terakhir bagi umat Islam. Sebagaimana nabi dan rasul sebelumnya, Nabi Muhammad SAW juga diberi mukjizat yang luar biasa oleh Allah SWT. Lantas, apa saja mukjizat Nabi Muhammad SAW?

Mukjizat sendiri adalah kejadian luar biasa yang diperlihatkan oleh Allah SWT melalui para nabi dan rasul-Nya. Berikut dibawah ini beberapa mukjizat Nabi Muhammad SAW yang diberikan oleh Allah SWT, diantaranya yaitu :

  • Al – Quran

Sebagai penyempurna kitab – kitab sebelumnya, Al-Quran merupakan mukjizat terbesar yang diterima oleh Nabi Muhammad SAW. Kitab suci ini diturunkan secara berangsur – angsur selama 22 tahun, 2 bulan, dan 22 hari. Al-Quran akan menjadi pedoman bagi manusia dalam menjalankan kehidupan hingga akhir zaman kelak.

  • Membelah Bulan

Nabi Muhammad SAW menerima mukjizat dapat membelah bulan ketika orang – orang kafir menentang Nabi Muhammad SAW. Untuk menunjukkan kenabiannya, kala itu atas izin Allah SWT, Nabi Muhammad SAWpun mampu membelah bulan menjadi dua hanya dengan menunjuknya saja.

  • Air Hujan

Suatu hari ketika Nabi Muhammad SAW sedang berkhutbah ada seseorang yang meminta beliau untuk menurunkan hujan. Sebab, pada waktu itu sedang terjadi kekeringan hingga mengakibatkan beberapa hewan ternak mati. Kala itu juga Rasulullah SAW langsung berdoa kepada Allah SWT, lalu hujan pun mulai turun dari langit seketika.

  • Air Mengalir Dari Jari Jemari

Pada hari perjanjian (Al-Hudaibiyah), banyak orang – orang yang kehausan. Usai berwudhu, mereka berbondong – bondong menuju Nabi Muhammad SAW lalu mengatakan bahwa mereka tidak punya air untuk wudhu atau minum terkecuali sepanci air kecil yang tidak bisa mencukupi semuanya. Setelah itu, Nabi Muhammad SAW meletakkan tangannya kedalam panci dan air pun mulai mengalir dari jari jemarinya seperti mata air.

  • Menyembuhkan Sakit Mata

Sebelum menaklukan Benteng Khaibar, Ali bin Abi Thalib yang pada waktu itu berperan sebagai pemegang bendera pasukan mengalami sakit mata. Sehingga atas Izin Allah SWT, Rasulullah SAW mampu menyembuhkannya hanya dengan meludahi mata Ali saja.

  • Isra dan Mi’raj

Mukjizat Isra dan Mi’raj ini merupakan perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa, kemudian dilanjutkan dari Baitul Maqdis ke Sidratul Muntaha. Pada akhir perjalanan Isra dan Mi’raj, Rasulullah SAW menerima perintah untuk shalat.

  • Segelas Susu Yang Mengenyangkan Banyak Orang

Mukjizat segelas susu yang dapat mengenyangkan banyak orang ini diterima Nabi Muhammad SAW ketika melihat sahabatnya, Abu Hurairah yang miskin dan kelaparan duduk ditengah jalan. Rasulullah SAW pun meminta Abu Hurairah untuk mengikutinya hingga ke rumah. Sesampainya di rumah, Nabi Muhammad SAW memberikan segelas susu kepada Abu Hurairah dan sekumpulan sahabat lainnya hingga mereka merasa kenyang.

  • Dapat Memancarkan Petir

Mukjizat lain yang diberikan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW adalah tubuhnya yang dapat memancarkan petir. Hal itu terjadi saat Rasulullah SAW hendak dibunuh oleh Syaibah bin Utsman dalam Perang Hunain.

Saat perang tersebut, diceritakan bahwa Rasulullah SAW belum makan selama 3 hari. Namun atas kehendak Allah SWT, beliau mampu menghancurkan batu besar dengan tiga kali pukulan serta tubuhnya dapat memancarkan nyala api dan petir.

Itulah beberapa mukjizat Nabi Muhammad SAW. Selain Al-Quran, Allah SWT memberi mukjizat lain yang luar biasa pada Nabi Muhammad SAW untuk membuktikan kebesaran Allah SWT kepada kaumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *