4 Langkah Mudah Trading Saham untuk Pemula Agar Menguntungkan

Investasi saham pemula tidaklah sesulit yang dibayangkan kebanyakan orang. Banyak sekali cara trading saham yang dapat dicoba para pemula, contohnya online trading lewat smartphone pribadi. Ditambah lagi, banyaknya informasi yang tersedia juga dapat mempersiapkan Anda selagi mempelajari pola dan kondisi pasar. Tidak ada kata terlambat untuk memulai trading saham.

Lantas, apa sajakah yang perlu Anda lakukan ketika dan sebelum memulai investasi uang terbaik? Simak informasi berikut ini agar tidak salah langkah ketika trading saham!

 Tentukan Indeks Saham yang Tepat

Terdapat 22 jenis indeks saham yang tercatat Bursa Efek Indonesia (BEI). Kenali jenis-jenis yang umum digunakan pemain saham. Sebagai contoh, Anda dapat memilih LQ45 atau IDX30 yang mana keduanya memiliki likuiditas tinggi serta didukung oleh kualitas perusahaan yang terpercaya. LQ45 ini sendiri merupakan indeks pasar saham di bursa efek Indonesia yang terdiri dari 45 perusahaan. Sedangkan IDX30 adalah 30 saham dengan likuiditas paling tinggi.

 Pilihlah Sekuritas yang Sesuai

Ketika membeli saham, Anda akan menggunakan perantara perusahaan sekuritas atau broker saham yang mewajibkan biaya untuk setiap transaksi. Pilihlah sekuritas yang menawarkan persentase biaya lebih rendah, misalnya 0,20% dari jumlah pembelian saham. Ini agar keuntungan lebih optimal dan untuk memastikan cara trading saham Anda lebih sempurna.

Rencanakan Periode Trading Saham

Terdapat dua cara investasi saham untuk pemula berdasarkan periodenya, jangka panjang dan pendek. Pada jangka pendek, risiko kerugian memang lebih besar, namun ada peluang profit bisa didapatkan lebih cepat.

 Sebaliknya, ada peluang profit yang lebih besar bisa dapatkan bila trading saham dalam jangka panjang. Apabila saham tersebut memiliki reputasi dan fundamental serta kinerja yang baik

 Lakukan dengan Kesabaran

Segala cara trading saham tidak akan efektif apabila tidak disertai kesabaran. Sebagai pemula, Anda disarankan menggunakan modal yang kecil dan meningkatkan jumlahnya seiring bertambahnya pemahaman Anda.

Begitu juga ketika menghadapi kerugian, hadapilah dengan pikiran jernih dan lakukan average down dengan membeli saham yang nilainya sedang turun. Bisa jadi Anda malah mengalami keuntungan ketika kondisi pasar telah stabil kembali.

Ini 5 Manfaat Jambu Kristal Bagi Tubuh, Menjaga Kesehatan Jantung!

Jambu kristal merupakan buah yang banyak kita temukan dalam minuman jus di hotel dan memang menyehatkan. Buahnya berbentuk oval dengan kulit berwarna hijau muda atau kuning dan mengandung biji yang bisa dimakan.

Bahkan banyak orang menggunakan teh daun jambu kristal sebagai pengobatan untuk diare di beberapa negara, termasuk India dan Cina. Di negara lain, seperti Meksiko, orang secara tradisional menggunakan daging buahnya untuk menyembuhkan luka.

Manfaat jambu kristal sangat kaya akan untuk tubuh kita. Apa saja manfaat kesehatan yang ditawarkan oleh buah jambu kristal ini? Yuk kita cek di bawah ini.

  1. Memperlancar Sistem Pencernaan

Berdasarkan jurnal American Chemical Society (ACS) Publications, disebutkan bahwa pulp dan kulit jambu kristal saat diuji, keduanya menunjukkan kandungan tinggi serat makanan (48,55−49,42%) dan polifenol yang dapat diekstraksi (2,62−7,79%).

Karena itu, manfaat jambu kristal dapat membantu pergerakan usus yang sehat dan mencegah sembelit. Hanya dengan mengonsumsi satu jambu kristal dapat memberikan 12% dari asupan serat harian yang direkomendasikan.

  • Bagus untuk Penderita Diabetes

Manfaat jambu kristal, terutama pada bagian daunnya, dapat membantu mencegah lonjakan gula darah dan memperbaiki gejala pada penderita diabetes tipe 2. Kamu bisa membuatnya dalam bentuk minuman teh.

Pada sebuah jurnal yang diterbitkan oleh BMC, ditemukan bahwa konsumsi teh daun jambu kristal secara signifikan terbukti dapat mengurangi peningkatan glukosa darah postprandial pada 30, 90 dan 120 menit.

Manfaat-manfaat ini dapat dihasilkan dari senyawa-senyawa dalam ekstrak daun jambu kristal yang membantu memoderasi penyerapan glukosa setelah seseorang makan.

  • Mengobati Kram Akibat Menstruasi

Manfaat jambu kristal selanjutnya adalah mengobati kram akibat menstruasi. Mengambil suplemen yang mengandung ekstrak daun jambu kristal dapat mengurangi kram menstruasi. Buah ini juga dapat meredakan nyeri menstruasi pada wanita dengan dismenore primer.

Orang yang menggunakan 6 miligram (mg) ekstrak setiap hari mengalami lebih sedikit nyeri haid dibandingkan mereka yang menggunakan ibuprofen atau plasebo.

  • Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat jambu kristal juga dapat membantu meningkatkan keseimbangan natrium dan kalium tubuh, sehingga mengatur tekanan darah pada pasien dengan hipertensi.

Jambu kristal juga membantu menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol jahat (LDL), yang berkontribusi pada perkembangan penyakit jantung. Buah ajaib ini meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

  • Mengurangi Risiko Kanker

Lycopene, quercetin, vitamin C dan polifenol lainnya bertindak sebagai antioksidan kuat yang menetralkan radikal bebas yang dihasilkan dalam tubuh, sehingga mencegah pertumbuhan sel kanker. Itulah manfaat jambu kristal yang lainnya.

Itu dia beberapa kebaikan dan manfaat jambu kristal.  Untuk memperoleh jambu kristal berkualitas, caranya sangat mudah, Kamu bisa pesan buah jambu kristal secara Online di tanihub.com dengan bantuan smartphone dan internet.

Selain jambu kristal ada juga aneka buah, sayur, bumbu, telur & unggas, ikan, kebutuhan masak dan sembako di TaniHub.

Tak hanya lengkap dan berkualitas, belanja di TaniHub juga banyak keuntungannya seperti mendapatkan layanan pengiriman yang cepat, layanan hubungan pelanggan selama 7 hari, metode pembayaran yang beragam, promo – promo menarik serta layanan kepuasan pelanggan yang menjamin penggantian jika barang yang dipesan tidak sesuai.

Saat ini TaniHub sudah dapat diakses di Jabodetabek, Bandung, Sumedang, Yogyakarta, Solo, Semarang, Surabaya, Malang, Pasuruan, Bali dan akan terus melebarkan layanannya tiap tahunnya

5 Kerugian Pakai Cicilan Tanpa Kartu Kredit Kalau Nggak Waspada

Hari gini, siapa sih yang nggak kenal layanan cicilan tanpa kartu kredit kayak Kredivo? Belanja di e-commerce kayak Blibli, Tokopedia, Shopee, dan yang lainnya jadi makin mudah dengan adanya cicilan online. Bukan cuma cicilan tenor dengan bunga, tapi bisa juga pay later 30 hari tanpa dikenakan bunga sama sekali. 

Kredivo adalah salah satu fintech yang bermitra dengan daftar e-commerce tersebut sebagai metode pembayaran cicilan. Jadi, kalau kamu jadi pengguna Kredivo, kamu bisa banget tuh belanja dan ambil cicilan dengan bunga 0% buat tenor 3 bulan atapun cicilan 6 sampai 12 bulan dengan bunga 2,6% aja. Nggak perlu DP.

Sekilas, kelebihan-kelebihan tersebut sangat menggiurkan dan bikin pengen daftar akun cicilan online tanpa kartu kredit ya? Eits, tapi, di balik kemudahannya, ada juga hal-hal yang harus kamu perhatikan dan waspadai. Tujuannya, agar penggunaan layanan cicilan online tanpa kartu kredit nggak malah jadi merugikan. 

Apa aja hal-hal tersebut? Yuk kita ulas satu per satu. 

Rentan terjadi peretasan atau pembajakan akun

Rata-rata layanan cicilan tanpa kartu kredit, menggunakan aplikasi sebagai platformnya. Dengan kata lain, kamu harus daftar dulu akun di aplikasi fintechnya, baru bisa belanja atau menggunakannya sebagai metode pembayaran cicilan di berbagai merchant. Nah, karena berbasis digital inilah, ada keuntungan dan kerugian yang berpotensi terjadi. 

Di mana, dengan aplikasi berbasis digital, kamu nggak perlu bayar biaya-biaya tambahan seperti halnya yang ada di kartu kredit. Selain itu, penggunaannya juga lebih mudah lewat smartphone. 

Tapi di sisi lain, kerugian dari aplikasi digital juga bisa terjadi jika kamu tidak hati-hati dalam menggunakan akun dan aplikasinya. Misalnya, numpang login di smartphone orang lain, memberikan informasi akun pada pihak lain, dan sejenisnya, yang bisa berujung pada terjadinya peretasan atau bahkan pembajakan akun. Bukan hanya karena keteledoran pengguna sendiri, peretasan atau pembajakan akun juga bisa terjadi jika fintech terkait tidak memiliki sistem keamanan yang mumpuni. 

Skor kredit menurun karena riwayat kredit buruk atau banyak ambil cicilan tanpa kartu kredit

Sama dengan lembaga kredit lainnya, setiap transaksi cicilan yang kamu lakukan dengan fintech legal, pasti akan tercatat sebagai histori kreditmu dan SLIK. Penggunaan layanan cicilan yang masif, justru bisa berdampak pada menurunnya skor kredit, lho. 

Misalnya, kamu ambil 2 cicilan barang yang berbeda dalam waktu bersamaan. Idealnya, pengambilan cicilan berikutnya baru bisa dilakukan jika cicilan yang lain sudah berjalan beberapa waktu atau bahkan lunas. Ini juga akan membantu keuangan kamu bisa “bernapas”.

Banyaknya transaksi kredit yang dilakukan juga berpotensi membuat kamu terlambat bayar. Otomatis, ini akan memperburuk catatan kreditmu sendiri. 

Rentan boros kalau tidak bisa mengontrol hawa nafsu

Nggak dapat dipungkiri, kemudahan dan aneka promosi yang ditawarkan layanan cicilan online tanpa kartu kredit seperti Kredivo bisa mendorong kita untuk terus impulsif berbelanja. Tentu, ini bukan hal yang baik bagi keuangan. 

Hal yang satu ini hanya bisa dikontrol oleh diri kita sendiri. Sebanyak apa pun promo di luar sana untuk cicilan, kalau kita bisa mengontrol hawa nafsu dan membedakan mana kebutuhan dan keinginan, penggunaan cicilan ini akan bisa lebih bermanfaat. Misalnya, hanya untuk beli hal-hal yang mendukung pekerjaan seperti meja kursi untuk WFH, laptop, dan sejenisnya. 

Cicilan yang bengkak karena sering terlambat bayar

Seperti lembaga keuangan pada umumnya, denda keterlambatan juga diterapkan oleh fintech cicilan online bagi pengguna yang terlambat melakukan pembayaran. Bedanya, pada cicilan online, biasanya bunga atau biaya dendanya akan lebih tinggi dibanding dengan cicilan pakai kartu kredit. Ini bisa terjadi karena cicilan online memiliki syarat yang lebih mudah dalam pendaftaran maupun pengajuannya. Jadi, risikonya lebih tinggi dibanding kartu kredit yang menjalankan proses survei pada pendaftarnya. 

Makin lama waktu keterlambatan, akan makin besar dendanya. Maka dari itu, usahakan untuk tidak mengambil cicilan banyak-banyak dan selalu bayar tepat waktu, ya. 

Tidak teliti ketika dihubungi atau menghubungi Tim CS

Penipuan bisa saja terjadi jika kita tidak teliti saat menghubungi Tim CS fintech cicilan terkait atau bahkan ketika “dihubungi” pihak yang mengaku Tim CS. Banyak oknum penipu di media sosial yang membuat akun mirip-mirip dengan fintech resminya, untuk mendekati dan mengorek informasi dari pelanggan. Dengan data-data tersebut, oknum tersebut akan punya senjata yang cukup untuk meretas atau mengambil alih akunmu. 

Jika kamu tertarik menggunakan layanan cicilan tanpa kartu kredit seperti Kredivo dan perlu berurusan dengan Tim CS, pastikan betul-betul bahwa kamu menghubungi kontak resmi ya. Jangan sampai salah nomor atau salah akun. Selain itu, jangan berikan data-data pribadimu seperti akses login, password, hingga OTP. Sebab, CS resmi biasanya tidak akan meminta data tersebut untuk membantu permasalahanmu.

Langkah Memadukan Jilbab Syari Dengan Busana Yang Tepat

main image

Memakai jilbab syari bukan berarti tidak dapat menggunakan berbagai macam busana untuk penampilan yang lebih menarik. Sering kali hal ini disalah artikan sebagian pengguna hijab sehingga memakai jilbab tersebut dengan padanan seadanya.

Padahal jika memadukan jilbab syari dengan paduan busana yang sesuai, tentu hasilnya akan terlihat lebih baik dan menarik. Lebih lanjut bagi yang tertarik melakukannya, simak beberapa langkah mudah yang bisa dilakukan berikut di bawah ini.

  • Memadukan Dengan Blus

Salah satu hal yang paling sering dilakukan yaitu memadukan jilbab tersebut dengan blus berbagai model. Baik blus yang berbahan halus maupun blus dengan bahan lainnya.

Tentu saja menggunakan hijab akan dipadukan dengan blus lengan panjang. Sebaiknya gunakan model hingga warna yang menarik supaya penampilan terlihat lebih baik juga.

  • Dipadukan Dengan Bahan Jeans

Bukan hal yang salah jika ingin memadukan jilbab syari dengan pakaian yang memiliki bahan dasar terbuat dari jeans. Sehingga hal ini merupakan salah satu alternatif yang dapat dipilih jika ingin bepergian menggunakan hijab namun ingin tampil gaya.

Padukan dengan bahan jeans yang nyaman dan ringan, misalnya saja memilih bahan soft jeans untuk hal tersebut. Sehingga dengan demikian meskipun mengenakan jilbab namun penampilan secara keseluruhan tetap menarik dan menawan namun tetap sopan.

  • Menggunakan Gamis

Salah satu cara memadukan jilbab syari dengan busana yang paling favorit yaitu dengan jalan memadukannya dengan berbagai macam gamis. Ada banyak macam model gamis yang ada, sebaiknya pilih yang memiliki model tipikal dengan model jilbab.

Dengan demikian maka jilbab akan terlihat cocok dengan gamis yang dikenakan. Sehingga dapat membuat penggunanya terlihat elegan.

  • Paduan Dengan Baju Kasual

Jilbab syari juga banyak dipadankan dengan baju kasual untuk busana sehari-hari. Bisa dengan bahan katun yang nyaman dan menyerap keringat hingga menggunakan bahan lainnya.

Maka dari itu padukan saja dengan warna senada atau model yang tipikal. Penampilan terlihat menarik namun menutup aurat dengan baik pula.

  • Memakai Batik

Banyak sekali yang memilih batik untuk busana sehari-hari baik secara kasual maupun untuk acara formal. Demikian juga saat mengenakan hijab juga banyak yang memilih untuk memadukan jilbab dengan kain batik.

Sebaiknya memakai hijab dengan batik cukup memadukan warna yang senada dengan warna dasar batik. Hindari menggunakan jilbab dengan corak namun sebaiknya pilih warna polos.

  • Dipadu Dengan Celana

Jilbab syari juga dapat dipadukan dengan celana, terutama paling tepat jika menggunakan celana panjang kain yang nyaman. Sehingga tampak terlihat tetap sopan namun di satu sisi juga memudahkan penggunanya untuk bergerak dengan lebih leluasa.

  • Digunakan Dengan Gaun Pesta

Memakai jilbab syari ternyata juga dapat dipakai bersama dengan gaun pesta. Sehingga penampilan tetap terlihat menawan meskipun menggunakan hijab.

Hal ini dengan jalan memilih bahan jilbab yang elegan dan dipadukan dengan busana dengan kain yang senada. Maka tampilan akan terlihat cantik saat menghadiri pesta penting.

Itulah beberapa cara untuk memadukan jilbab syari dengan berbagai macam busana yang sesuai dengan kebutuhan maupun keinginan. Sehingga meskipun mengenakan hijab namun tetap penampilan terjaga terlihat baik dan menawan.

Dengan demikian tentunya tidak perlu ragu lagi memadukan berbagai macam busana saat memakai berbagai macam jilbab syarii yang dimiliki. Tampilan tetap sopan, syari sesuai dengan keyakinan dan niatan, namun juga di sisi lain menarik serta tampak elegan.