Seputar Wortel dan Manfaatnya

Wortel Brastagi Pack 500 gr

Wortel adalah sayuran akar yang terkenal dengan warna oranye. Wortel juga memiliki sedikit kandungan gula yang memberikan rasa manis, namun terkadang banyak juga wortel yang memiliki rasa pahit.

Nutrisi Wortel

Pada 1 buah wortel berukuran sedang, mengandung:

  • 25 kalori
  • 6 gram karbohidrat, 2 gram serat
  • 3 gram gula
  • 0.5 gram protein

Selain itu, wortel juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang penting bagi tubuh, seperti:

  • Vitamin A                   : 73%
  • Vitamin K                   : 9%
  • Kalium dan serat         : 8%
  • Vitamin C                   : 5%
  • Kalsium dan zat besi    : 2%

Manfaat Wortel

Menjaga Kesehatan Mata

Kegunaan wortel yang paling populer adalah baik untuk mata. Wortel juga kaya akan beta-karoten yang berfungsi untuk membantu tubuh menyerap vitamin A secara maksimal. Selain itu, beta-karoten juga berperan untuk melindungi mata dari sinar matahari dan mencegah penyakit katarak. Terdapat juga kandungan lutein yang dapat mencegah degenarasi makular (kebutaan) pada usia senja.

Mencegah Kanker

Wortel memiliki kandungan antioksidan untuk melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker. Tipe antioksidan utama pada wortel adalah karotenoid dan antosianin.

Menjaga Kesehatan Jantung

Selain antioksidan, kandungan kalium pada wortel dapat mengontrol tekanan darah. Terdapat juga serat untuk menjaga berat badan dan mencegah kemungkinan adanya penyakit jantung.

Meningkatkan Sistem Imun

Vitamin C pada wortel membantu tubuh untuk membuat antibodi yang berfungsi untuk melindungi sistem imun. Selain itu, vitamin ini juga memaksimalkan zat besi dalam wortel untuk menghindari infeksi.

Mengatasi Sembelit

Kandungan serat pada wortel dapat mengatasi sembelit dan menyehatkan pencernaan.

Mengontrol Diabetes

Penderita diabetes disarankan untuk mengonsumsi banyak buah atau sayur berserat, termasuk wortel. Serat akan mengontrol kadar gula darah. Selain itu, ada juga vitamin A dan beta-karoten untuk menurunkan kadar diabetes.

Menguatkan Tulang

Kandungan vitamin K dan kalsium pada wortel dapat menjaga kesehatan tulang agar tetap kuat dan tidak mudah keropos.

Cara Menyiapkan dan Menyimpan Wortel

Sebelum menyantap wortel, cuci bersih dan pastikan tidak ada kotoran yang menempel. Beberapa orang mengupas kulit wortel, ada juga yang tidak. Karena sebenarnya wortel tidak memiliki kulit luar, hanya saja kotoran yang menempel perlu dikupas, namun tidak wajib.

Setelah itu, iris wortel atau langsung dimakan, tergantung selera. Rasanya renyah dan bisa ditambahkan dengan yogurt. Kalau kamu tidak suka wortel yang keras, kamu bisa merebus wortel atau menghaluskannya menjadi jus. Wortel juga biasanya diolah dengan sayuran lain, seperti steak dan sayur tumis.

Perlu diketahui bahwa kandungan vitamin dan mineral pada wortel dapat memberikan hasil maksimal bila dimakan langsung. Wortel yang sudah terkena panas api (dimasak) akan mengalami penurunan nutrisi.

Demikianlah ulasan mengenai wortel, mulai dari nutrisi, manfaat, hingga cara menyiapkan. Dengan mnegonsumsi wortel secara rutin dan teratur, semua manfaat diatas pasti kamu rasakan. Pandangan mata akan membaik dan terhindari dari berbagai macam penyakit-penyakit berat. Untuk mendapatkan wortel yang berkualitas, kamu dapat memesan online di TaniHub. Kami memastikan hanya wortel pilihan terbaik yang kamu terima. Tidak perlu ribet, karena kamu tinggal menunggu santai di rumah, dan buah atau sayur favoritmu akan tiba. Bukan hanya buah dan sayur, TaniHub juga menawarkan telur, ikan, unggas, dan sembako yang terjamin mutunya. Jangan ragu dan segera lengkapi kebutuhan harianmu bersama TaniHub.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *